Asal Kata Kota Singkawang

 

asal kata kota singkawang

Asal kata kota singkawang mungkin tidak banyak yang mengetahui nya, atau mungkin sudah tahu tapi belum mengetahui secara dalam tentang asal usul kata dari kota singkawang ini, baiklah pada kesempatan ini kita akan membuka topik awal blog khusus kota singkawang ini dengan mengenal asal usul kata nya. Cekidot..

Menurut ensiklopedia wikipedia Singkawang berasal dari kata San Keuw Jong. Kata san keuw Jong berasal dari bahasa/pengucapan Hanyu Pinyin yaitu: Shānkǒu Yáng. Hanyu Pinyin ini biasa di pakai untuk bahasa Mandarin yang biasa di gunakan di Republik Rakyat Tiongkok, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Mohon maaf jika penjelasan ini tidak bisa saya lanjutkan lebih dalam lagi, karena membutuhkan sumber yang super lengkap untuk memaparkannya, jika teman menguasai Hanyu Pinyin ini, silahkan sharing pada kolom komentar yang di sediakan di bawah ini.

Namun untuk penamaan kota singkawang ini sebenarnya ada beberapa versi dari beberapa bahasa penghuni setempat (dikutip dari situs kemenag region kalbar)

Singkawang Versi bahasa Melayu


Dalam versi bahasa Melayu dikatakan bahwa kata Singkawang diambil dari nama tanaman "Tengkawang". Tengkawang merupakan nama buah dan pohon dari beberapa jenis Shorea, suku Dipterocarpaceae, yang menghasilkan minyak lemak yang berharga tinggi. Pohon-pohon tengkawang ini hanya terdapat di Kalimantan. Dan dalam bahasa Inggris tengkawang dikenal sebagai illipe nut atau Borneo tallow nut.

Singkawang Versi bahasa Cina


Sedangkan asal kata kota singkawang menurut versi bahasa Cina atau Tionghoa (dari suku Khek/ Hakka), Kata Singkawang seperti yang kita bahas di atas yaitu berasal dari kosa kata "San Kew Jong" yang secara harfiah berarti Gunung Mulut Lautan. Penamaan ini tidak berlebihan. Karena:
  • Sebelah barat kota Singkawang berbatasan dengan laut Natuna,
  • Sebelah selatan dan timur kota Singkawang berbatasan dengan Gunung Roban, Pasi, Raya, dan Gunung Poteng,
  • Sedangkan di tengah-tengah kota Singkawang terdapat sungai yang mengalir dari pegunungan tersebut dan bermuara ke laut Natuna.

Itulah segelintir asal kata singkawang yang saya himpun dari beberapa sumber yang bisa di percaya, selanjutnya mari kita lihat bagaimana asal usul kota singkawang dari beberapa sumber, lanjut baca: Sejarah Kota Singkawang dari beberapa versi

Review:

Judul Asal Kata Kota Singkawang
Deskripsi Asal kata kota singkawang mungkin tidak banyak yang mengetahui nya, atau mungkin sudah tahu tapi belum mengetahui secara dalam tentang a...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan
Ingin menjadi Kontributor/Penulis di blog ini ? Atau ingin promosi Toko/Band/Organisasi anda di sini? Kunjungi Halaman Berikut: Panduan Posting di Blog Singkawang 100% GRATIS !!

Jadilah Orang Pertama yang mengomentari...
Artikel Asal Kata Kota Singkawang

Komentari .

No comments:

Post a Comment