Jalan Alianyang Apa Alianjang ?

 

jalan alianyang singkawang pontianak

Satu pertanyaan terselubung warga kota singkawang yaitu tentang nama salah satu jalan terpanjang di singkawang ini yaitu "..yang benar Jalan Alianyang Apa Alianjang ?" huruf "Y" apa huruf "J" ya?
Namun yang sudah lama tertera di plang nama dan ditulis di KTP dan sebagainya adalah Alianyang. Untuk kepastiannya bisa kita buktikan melalui sejarah singkat pahlawan kalbar yang satu ini.

Biografi Ali Anyang

Siapa yang tidak sering mendengar Alianyang, ya nama Jalan Protokol yang ada di Kota Pontianak dan Kota Singkawang ini, namun siapa yang tau sebenarnya siapakah beliau?

Lahir pada tanggal 20 Oktober 1920 di Nanga Menantak (Kabupaten Sintang) dengan Nama lengkap Mohammad Ali Anyang merupakan seorang pejuang kemerdekaan yang berasal dari Kalimantan Barat. Berkebangsaan Suku Dayak dan anak bungsu dari 7 bersaudara ini Lahir dari pasangan Lakak dan Liang yang memberinya nama Anjang. Lalu menjadi anak angkat dari Raden Mas Suadi Djoyomiharjo yang pada waktu itu merupakan seorang kepala sekolah di daerah sintang. Lalu mengganti nama aslinya dari Anjang menjadi Mohammad Ali Anyang. Setelah melewati beberapa perjuangan melawan Jepang, Belanda, dan Australia yang pernah mendarat di Kalbar akhirnya pada usia 49 tahun beliau dipanggil yang maha kuasa pada tanggal 7 April 1970 dan di kebumikan di kota Singkawang.

Biografi Dikutip dari halaman Wikipedia untuk Mohammad Ali Anyang

jalan alianyang kota singkawang kalbar

Jadi kesimpulannya, Anjang adalah nama asli beliau dari lahir yang diberikan oleh orangtua nya, kemudian diganti menjadi Mohammad Ali Anyang oleh orang tua angkatnya. Walaupun yang banyak dipakai adalah Alianyang, minimal kita tau bahwa Anjang itu nama sebenarnya :D

Review:

Judul Jalan Alianyang Apa Alianjang ?
Deskripsi Satu pertanyaan terselubung warga kota singkawang yaitu tentang nama salah satu jalan terpanjang di singkawang ini yaitu "..yang ben...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan
Ingin menjadi Kontributor/Penulis di blog ini ? Atau ingin promosi Toko/Band/Organisasi anda di sini? Kunjungi Halaman Berikut: Panduan Posting di Blog Singkawang 100% GRATIS !!

Jadilah Orang Pertama yang mengomentari...
Artikel Jalan Alianyang Apa Alianjang ?

Komentari .

No comments:

Post a Comment