Photo Jadul Sekitar Taman Burung & Jembatan Agen Tahun 1880 keatas

 

Taman Burung & Jembatan (geratak) Agen Kota Singkawang merupakan salah satu ikon kota singkawang yang dari dulu sampai sekarang sangatlah fenomenal, karena lokasi ini merupakan lokasi yang paling sering di lewati oleh warga singkawang dan sekitarnya. Berbekal rasa penasaran akan kenangan dan sejarah dari Taman Burung & Jembatan Agen ini akhirnya saya pun mencari kesana kemari koleksi galeri foto/photo nya waktu zaman dulu (jadul/tempo dulu) seperti apa.

Surfing pun di mulai: analisis dari keyword ke keyword, tautan ke tautan akhirnya saya nyampe juga ke blog milik orang belanda yang mengkoleksi foto-foto di daerah singkawang, beberapa di antara nya adalah penampakan photo sekitar Taman Burung & Jembatan Agen ini. Lalu terlihat beberapa koleksi yang masih belum sama sekali di posting di blog, website, ataupun forum-forum di Indonesia. Btw, Sebelum melihat foto-fotonya ada baiknya kita menelusuri sejarah singkat jembatan agen dibawah ini biar lebih greget

Sejarah singkat Jembatan Agen singkawang

Yang namanya jembatan pastilah ada sungai yang di lintasi nya, sejarah jembatan agen ini berawal dari Sungai Singkawang yang mungkin pada hari ini bukanlah seperti zaman dahulu dimana pada zaman dulu sungai singkawang merupakan urat nadi dan jalur utama kegiatan ekonomi di kota singkawang, airnya masih jernih dan banyak sekali kapal-kapal (motor air) yang singgah disana.
Sungai ini merupakan saksi sejarah pertama kali kedatangan imigran dari cina (sekitar tahun 1700-an), dari sinilah sejarah kota singkawang berawal hingga berkembang pesat seperti saat ini.
Pelabuhan pertama kali berada di sungai belakang toko mawar, pada saat itu merupakan pelabuhan yang sangat ramai, namun pada zaman kemerdekaan juga dibangun pelabuhan besar tepatnya di daerah sekitar simpang empat, pelabuhan itu adalah pelabuhan yang resmi milik PT.PELNI Untuk mengangkut penumpang yang ingin berlayar ke pulau jawa. Bisa di bayangkan betapa pesat dan bergunanya sungai singkawang pada saat itu. Sekarang sungai singkawang tidaklah lagi seperti dahulu dimana yang seperti kita saksikan sekarang sungai ini terlihat agak kotor dan berbau serta terjadi penyempitan dan pendangkalan di dalamnya.

Koleksi Photo Taman Burung & Jembatan (geratak) Agen

Foto-foto ini awalnya masih belum di ketahui apakah di sekitar Taman Burung & Jembatan Agen karena ini foto zaman nek kerepon adam dulu banget, waktu kota singkawang masih desa kecil. namun jika di perhatikan dari struktur kelokan sungai dan posisi jalan bisa di tebak ini daerah sekitar Taman Burung & Jembatan (geratak) Agen. Namun jika teman-teman menemukan kejanggalan dari letak lokasi dari salah satu atau beberapa foto di bawah ini, segera lakukan konfirmasi melalui halaman komentar.

Sebelumnya maaf jika foto masih di watermark, karena ini permintaan dari teman

*Klik foto nya untuk melihat tampilan lebih besar

dekat taman burung singkawang
View dari jembatan agen ke arah taman burung - sekarang daerah taman burung

jl merdeka - jembatan agen singkawang
Jalan Merdeka Singkawang, tepatnya di turunan jembatan agen

simpang empat jembatan agen singkawang
Simpang Empat OTM (nye biak) tempo dulu - Jembatan Agen di lihat dari simpang empat

photo jadul Sungai singkawang menuju kampung jawa
Sungai singkawang di wilayah mana ini ya ? mungkin ke arah kampung jawa atau view dari taman burung

Foto Jaman dulu Taman burung singkawang

Foto Jaman dulu Taman burung kota singkawang

Taman Burung Hari Ini
Maaf foto taman Burung dan Jembatan agen terkini sengaja tidak di posting, anda bisa langsung searching. Dan saran saya sebaiknya datang saja langsung ke lokasi, karena keadaan aslinya jauh lebih menarik dari yang ada di dalam foto yang beredar, dan anda akan menemukan nuansa yang berbeda dari hanya sekedar melihat foto nya. untuk info lokasi bisa lihat di google maps di bawah ini. Atau hubungi Tour Guide kesayangan anda.

Lokasi Jembatan Agen di lihat dari Google maps:

Masih kurang puas ? mari kita lihat photo kiriman teman-teman di forum maupun di blog anak singkawang yang lainnya, sengaja tidak di gabung dengan artikel ini karena 4 buah foto diatas di setting dengan tampilan resolusi besar sehingga takut mengganggu loading pembukaan halaman (lumayan buat menghemat kuota). Silahkan masuk ke artikel: Photo Jadul Sekitar Taman Burung & Jembatan Agen [lanjutan]

Review:

Judul Photo Jadul Sekitar Taman Burung & Jembatan Agen Tahun 1880 keatas
Deskripsi Taman Burung & Jembatan (geratak) Agen Kota Singkawang merupakan salah satu ikon kota singkawang yang dari dulu sampai sekarang sangatl...
Author
Author Rating
4/ 5 Suara Dari 1001 Ulasan
Ingin menjadi Kontributor/Penulis di blog ini ? Atau ingin promosi Toko/Band/Organisasi anda di sini? Kunjungi Halaman Berikut: Panduan Posting di Blog Singkawang 100% GRATIS !!

2 komentar sudah masuk. Silahkan menambahkan tanggapan lain...

2 comments:

  1. Gilaa.. keren blog ini.. mantap bgt artikelny.. lanjutkan min... puas baca sejarahny.. 4 jempol dahh..

    ReplyDelete